Haiii bloggers

Terima kasih telah mengunjungi web saya... Selamat datang..Have a Nice Day... ^^

Sabtu, 27 September 2014

Damai batin diri sendiri tidak cukup

Setiap orang yang hidup di dunia ini pastinya mencari kedamaian batin dalam diri sendiri. Oleh karena itu kita melakukan berbagai upaya seperti memeluk suatu agama dan percaya bahwa dengan demikian kita akan memperoleh kedamaian batin.

Kedamaian batin adalah suatu hal yang kasat mata, tidak dapat dilihat, diraba ataupun didengar oleh panca indrawi kita. Kedamaian batin hanya bisa dirasakan oleh diri kita. Selama ini banyak yang menganggap bahwa kedamaian batin hanya dapat dirasakan oleh diri kita sendiri..Namun saya berpendapat bahwa kedamaian batin total bukan hanya diri kita yang merasakan.,Bahkan orang-orang di sekitar kita dapat merasakan juga dan menerima kedamaian hanya dengan berinteraksi dengan kita.

Saya pernah bertemu dengan orang yang suka ibadah, agamanya kuat dan menurutnya dia memiliki kedamaian batin..Tapi saat berinteraksi dengan orang lain, sungguh bertolak belakang 180 derajad..Aku berpikir-pikir kenapa bisa begitu??

Pada akhirnya setelah mengamati, mungkin saja kedamaian batin itu hanya dirasakan orang tersebut..Tapi saat berhubungan dengan orang lain, kedamaian batin itu tidak bisa ia pancarkan dari dalam hatinya kepada orang di sekitarnya..Seumpama gelas terisi penuh air, barulah kita bisa membaginya kepada orang lain. Namun jika gelasnya hanya berisi sedikit air maka air yang ada mungkin hanya cukup untuk sendiri..

Jadi jika hanya bisa mendamaikan batin sendiri, itu belum hebat..Yang luar biasa apabila kita bisa membagikan kedamaian bagi orang lain..Tujuan hidup kita saat ini tidak hanya sampai mencapai kedamaian batin diri tapi melebihi dari itu. Dengan menyadari ini, maka kita tidak akan puas hanya dengan mencapai kedamaian diri tapi akan terus belajar untuk mencapai hal yang lebih baik lagi. Semoga hal yg aku sampaikan ini bisa menjadi motivasi bagi diri kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar