Haiii bloggers

Terima kasih telah mengunjungi web saya... Selamat datang..Have a Nice Day... ^^

Sabtu, 06 September 2014

Pusing 7 keliling

Apakah anda pernah merasakan pusing 7 keliling? Rasanya benda-benda disekitar kita seperti berputar-putar dan bisa dibilang seperti merasakan gempa bumi??

Dulu saya tidak pernah alami namun sejak saya pindah tempat tinggal dan pindah kerja juga, saya jadi sering mengalaminya..kadang-kadang sehabis duduk lama, saat mencoba berdiri koq jadi terasa tidak seimbang dan perasaan seperti mau jatuh, padahal tidak tersenggol apa2..

Saya coba amati kenapa bisa seperti ini?? perbedaan yang ada saat ini adalah saya tinggal di apartemen yang pastinya sangat tegantung pada lift untuk naik dan turun lantai..apakah ini adalah penyebabnya?? ini hanya asumsi saya saja..

Selain itu, saya menyadari bahwa di tempat tinggal saya yang baru ini, saya menjadi tidur lebih lama dan sulit bangun. padahal di rumah lama saya selalu bangun pagi. setiap kali bangun tidur di apartemen, saya menyadari waktu sudah tidak pagi lagi, sehingga seringkali saya terburu-buru bangun dan beraktivitas karena khawatir telat pergi ke tempat kerja.

Ternyata hal itu tidaklah baik, sangatlah tidak baik saat baru bangun tidur langsung tergesa-gesa melakukan aktivitas..Sama seperti saat kita olah raga saja kita memerlukan pemanasan dan pendinginan. Tubuh kita ibarat mesin, sebaiknya jangan dipaksa bekerja saat belum ON.

Saat tidur, pikiran kita masuk alam mimpi dan seluruh tubuh beristirahat, dan menjadi STAND BY, bukan OFF..kalau OFF artinya sudah meninggal. STAND BY maksudnya hanya dalam kondisi istirahat saja. Saat bangun, kita belum sepenuhnya ON. Bisa dibilang masih dalam posisi transisi dari STAND BY ke ON.

Saya juga pernah baca artikel bahwa saat bangun kita tidak boleh langsung duduk. Saat bangun biarkan kita tetap berbaring selama 30 detik, lalu 30 detik kemudian kita dalam posisi duduk. Sehingga tubuh kita punya waktu 1 menit untuk menjadi ON.

saya percaya bahwa otak merupakan organ tubuh yang mengendalikan seluruh tubuh. Namun sebaliknya otak juga bisa dirangsang melalui aktivitas dali luar juga. Jalur antara otak ke organ lain dan sebaliknya merupakan jalur 2 arah. Jadi apabila saat otak belum ON, tubuh sudah bergerak maka di otak akan terjadi kekagetan yang bisa saja merusak sel syaraf. Hal inilah yang saya sinyalir menjadi penyebab vertigo / pusing 7 keliling.

Oleh karena itu bisa disarankan bahwa saat bangun, dalam keadaan terbaring kita boleh mulai menggerakkan jari kaki dan tangan perlahan, gerakkan tubuh perlahan. Dengan demikian kita merangsang otak perlahan untuk menjadi ON.

Mengenai tidur saya yang menjadi lebih lama, saya menemukan bahwa
kamar di tempat tinggal lama, saat pagi cahaya masuk dan secara tidak langsung merangsang otak untuk ON. Menyebabkan kita cepat ON dan cepat bangun. Jadi otak bisa tahu bahwa sekarang sudah pagi, sudah saatnya bangun.
kamar di tempat tinggal baru : saat pagi cahaya tidak masuk dan tetap gelap sehingga otak tidak dirangsang dan tetap stand by. Otak tidak bisa membedakan ini masih pagi atau masih subuh.

Pernah liat kan di film2 kalau orang tidur terus korden jendela kamar dibuka pasti orangnya langsung bangun, itu karena mendapatkan rangsangan dari cahaya. jadi saya sarankan korden di kamar agak dibuka dikit sehingga saat pagi cahaya bisa masuk walaupun cuma sedikit.

Dengan menyadari ini semoga saja kita dapat lebih memperhatikan organ yang paling jarang kita perhatikan padahal merupakan organ yang paling sering kita pakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar