Haiii bloggers

Terima kasih telah mengunjungi web saya... Selamat datang..Have a Nice Day... ^^

Minggu, 28 Oktober 2012

USG untuk Diagnosis Usus Buntu

Blog ini gue tulis berdasarkan pengalaman pribadi, gue pernah didiagnosis usus buntu..Sebenarnya saat gua didiagnosis usus buntu gue hampir tidak percaya juga..saat itu gue berpikir, kira2 apa diagnosis yg paling tepat yah?? ada 1 diagnosis yg menarik perhatian gua yaitu USG..

Gua yakin orang yg baca blog gue ini, juga pasti karena googling ttg diagnosis usus buntu..sama penasaran nya seperti gue dulu...bahkan gue jg sempet bingung dengan hasil browsing karena ada saling bertentangan, ada yg mengatakan usus buntu tidak bs di diagnosis dengan USG sedangkan artikel yg lain mengatakan "BISA"

Saat itu, saya sendiri tidak ada pilihan lain..Saya memutuskan untuk melakukan USG, untuk tambahan informasi saya melakukan USG di RS Royal Progress Sunter biayanya sekitar Rp 400.000 an untuk USG Abdomen atas dan bawah..

Dokternya sendiri mengatakan " susah ni cari usus buntu"

Dalam hati ak berpikir " Apa artinya benar kalau USG tidak bs mendeteksi usus buntu?"

Tidak lama kemudian, dokternya mengatakan telah menemukan usus buntu gua dlm kondisi penebalan 1,3 cm..

Gue pun langsung tanya " kalau normal usus buntu harusnya brp cm?"

Kata dokternya normal nya di USG TIDAK KELIHATAN SAMA SEKALI. . .

Setelah lihat2 ttg penyakit usus buntu sendiri, saya ketahui bahwa usus buntu ada yg akut dan kronis..kalau usus buntu akut itu biasanya kondisinya parah dan biasanya harus segera dioperasi karena khawatir akan pecah..kalau usus buntu kronis kondisi gejalanya SILENT,,,hanya saja jika suatu saat kondisi bs berubah akut..dan bs pecah juga..namun jika beruntung, kondisi akan membaik dan suatu saat akan kambuh kembali..Jadi usus buntu kronis kondisinya kambuhan...

Jd kita sangat sulit mendiagnosis usus buntu terutama kondisi kronis,,karena saat gejala mulai hilang..kita menganggapnya sudah sembuh, pdhl belum sembuh, hanya saja sudah lewat kondisi akut nya...dan saat kita anggap sudah sembuh, kita tidak akan berpikir melakukan diagnosis lebih lanjut maupun pengobatan apa pun..

Lalu kalau kita menderita usus buntu kronis, dan kondisi usus buntu saat USG kebetulan tidak akut..saat di USG tidak nampak kan artinya tidak terdeteksi kalau ada penyakit usus buntu..

Menurut sumber jg, bahwa sakit perut di kanan bawah bs saja disebabkan oleh organ yg berada di kanan bawah...dan organ yg berada di kanan bawah tersebut ialah usus buntu, usus besar maupun ovarium kanan ( untuk wanita )..
Namun tidak menutup kemungkinan ada organ lain yg letaknya tidak di kanan bawah tp turut bersumbangsih dalam sakit di kanan bawah perut tersebut..

Saat gue berkonsultasi dengan banyak dokter banyak dr mereka yg tidak menjelaskan dengan lengkap..untungnya ada dokter yang akhirnya memberitahu saya, dari hasil USG saya lihat semua organ dalam anda bagus..organ yg di kanan bawah perut jg bagus..Kalau anda mengalami sakit dan dari hasil USG semua organ anda bagus kemungkinan besar itu adalah usus buntu..

Jadi Tujuan utama USG adalah UNTUK MENYINGKIRKAN KEMUNGKINAN SAKIT YANG LAIN...

Karena rasa sakit di perut itu sangat umum sekali..jd kalau sakit perut, bisa saja sakit kandungan, bisa saja kandung kencing yg sakit, atau lambung nya sakit, bisa saja usus besar, dll,,

Jadi kalau di cek dr USG semua organ tersebut SEHAT...dan sakitnya terfokus di kanan bawah..besar kemungkinan usus buntu...Apalagi USG yg saya lakukan abdomen atas dan bawah..jd semua organ yg ada di abdomen atas maupun bawah dah di cek semua...

Jadi terjawab lah pertanyaan saya, ada tujuan lain dr USG...USG memang tidak 100% dapat mendeteksi usus buntu namun minimal bs membantu menegakkan diagnosis dan menghilangkan kemungkinan sakit disebabakan organ yg lain..
Semoga tulisan ini menambah wawasan. . . . . .

9 komentar:

  1. sangat menambah wawasan.
    trimakasih share nya.
    jadi mantep ni mau USG hari ini juga

    BalasHapus
  2. ya sama2...senang sekali tulisan saya ini berguna :)

    BalasHapus
  3. ya berguna, kebetulan sy juga banyak browsing soal usus buntu ini, krn udah di USG ada pembengkaan di usus buntu,tpi sy kok masih ragu krn gejala yg sy alami kok tidak seperti yg saya baca, misal mual, susah buang angin, susah beol, demam, hanya dibagian ulu hati terasa kurang nyaman ( mbesesek : Jawa) terutama sehabis makan, terima kasih atas tulisan ini sy mau cek lgi unt USG ditempat lain

    BalasHapus
  4. kalau sakit setelah makan, saya jg pernah..katanya ususnya lecet..bagian dalam tubuh kita jg bs lecet..cuma bedanya kalau lecet di bagian luar tubuh lebih gampang obatin karena kliatan mata..sedangkan kalau di dlm tubuh luka susah dideteksi..susah sembuh juga terutama organ yg sering bekerja..seperti usus kan organ pencernaan..makan aja kita 3 x sehari..
    sebaiknya anda hindari makanan keras kayak ayam goreng, makanan kering..kunyahlah makanan hingga halus..supaya tidak membuka lecet di usus makin lebar..lalu minum obat juga..
    untuk pencegahan sebaiknya jaga agar BAB selalu lancar..karena BAB yg keras dan saat ngeden..itulah yg menyebabkan luka..
    semoga bs jd referensi

    BalasHapus
  5. Mbak, apakah usus buntu mbak di oprasi? Soalnya aku diperkirakan usus buntu, prut kanan bwah kalo ditekan sakit

    BalasHapus
  6. Makasih informasi nya :). God bless us..

    BalasHapus
  7. Terima kasih banyak infonya. Sy baru aja operasi usus buntu. Di cek darah dan lain2 normal. Pas usg baru keliatan semua organ lain bagus, dan keliatan usus buntunya diameter 7,5mm. Katanya ada penebalan. Dan juga kalo normal harusnya ga keliatan usus buntunya di usg.

    BalasHapus
  8. Saya sering sakit perut kanan apalagi kalau ditekan duchhh sakit sx...tp pas diusg sdh 2x gak keliatan usbunnya...jadi ragu...

    BalasHapus