Haiii bloggers

Terima kasih telah mengunjungi web saya... Selamat datang..Have a Nice Day... ^^

Minggu, 28 Oktober 2012

Biaya Operasi Laparoskopi

Dari Blog sebelumnya, gue menceritakan bahwa gua di diagnosis usus buntu...kalau sudah tahu jelas kita sakit usus buntu maka kita sebaiknya segera mengambil tindakan untuk menanganinya..

Saya sudah berdiskusi dengan banyak dokter ttg pengobatan usus buntu...bahkan ada pengalaman pribadi dari dr. Soeroso Bassar yg praktik di Balai pengobatan Patoho di Jakarta Utara, beliau menceritakan kondisi istri nya yg sakit usus buntu dan benar2 tidak mau operasi, bertahan dengan obat2an antibiotika dan tidak mempan..pada akhirnya operasi jg...

Jelasnya, hingga saat ini belum ada penemuan baru yg bs menjadi solusi pengobatan usus buntu tanpa operasi pengangkatan usus buntu itu sendiri...

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, operasi pengangkatan usus buntu tidak perlu menggunakan bedah konvensional yg harus di bedah semua..Bisa menggunakan bedah laparoskopi..

Bedah laparoskopi ini merupakan bedah yg hanya menyisakan sedikit luka bedah yg cepat sembuh dan minim komplikasi..Maka saat ini bedah laparoskopi sangat populer..

Jadi saat menentukan operasi yg ingin saya lakukan apa? ya tentu saja saya memilih laparoskopi...

Sebelumnya saya juga mencari2 tahu di internet kira2 biaya operasi laparoskopi berapa yaa?? penasaran..dan lagian untuk persiapan jg...

Kalau menurut info, bedah biasa bisa 5 juta an..kalau laparoskopi bs 2 x lipat nya..namun jawaban ini belum memuaskan...

Setelah saya sendiri menjalani operasi laparoskopi untuk pengangkatan usus buntu..untuk berbagi ke teman2 akan saya share sedikit lebih lengkap..

Saat saya akan operasi di RS Swasta di Jakarta, ternyata biaya nya tergantung Kelas mana yg akan dipilih??
Yg saya tahu saat itu, kelas 1 biaya nya Rp 17.000.000 untuk operasi nya saja..kelas 2 Rp 14.000.000 dan kelas 3 Rp 11.000.000...semuanya hanya biaya untuk operasinya saja...Biaya ini adalah biaya saat Bulan Oktober 2012...

Untuk info lebih lengkap, biaya operasi itu terdiri dr biaya kamar operasi, dokter operasi, dokter anestesi, obat anestesi, pemakaian alat, dan oxygen..Untuk rincian biaya tidak akan saya rinci..namun untuk biaya yg besar ada pada biaya kamar operasi, dokter operasi dan obat anestesi...tiga hal ini yg biaya nya tinggi...Menurut saya wajar saja untuk dokter operasi fee nya tinggi karena tanggung jawab nya saat operasi sangat besar..

Saya memutuskan mengambil kelas 2 saja...dan setelah digabung dengan semua biaya tambahan lain seperti kamar perawatan, obat, laboratorium...total biaya nya sekitar 20 juta an...

Semoga informasi nya bermanfaat..thx

8 komentar:

  1. Mba, kalo boleh tau, mba operasi di rumah sakit mana yah?

    BalasHapus
  2. terima kasih informasinya, saya akan menjalani operasi minggu depan.

    BalasHapus
  3. Kok sistem pentarifannya aneh ya? Di rumah sakit langganan saya di Yogyakarta (Panti Rapih) setahu saya tidak membedakan kelas, yg dibedakan kelasnya adalah kamar. Operasi adalah tindakan terstandar, karenanya tarifnya juga sama utk semua kelas..

    Kemungkinan istri saya juga akan menjalani operasi usus buntu tanpa operasi ini, jadi saya cari infonya. Info terakhir dari dokter tahun 2009, saat itu sekitar 6-7jt. Itu biaya operasinya saja!

    Seperti pengalaman operasi caesar kedua anak saya, biaya 8jt tdk peduli mau tinggal di kelas berapa. Nah, setelah itu tinggal ditambah biaya kamar, obat, dll sesuai kebutuhan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti RS Panti Rapih bagus sistemya.
      di sebuah RS swasta di solo juga gitu.
      tarif operasi naik sesuai dgn kelasnya.

      Hapus
  4. Saya melakukan operasi laparoskopi utk angkat usus buntu yg pembedahan minim..dan memang biaya lebih mahal..
    Operasi usus buntu memang bs dilakukan pembedahan biasa yg biaya memang 6-7 juta namun dpt meninggalkan bekas luka yg lebih byk..
    karena saya tidak mau ada bekas luka terlalu byk maka saya menjalani operasi laparoskopi..

    mengenai pembagian kelas dan harga memang begitulah adanya..bs dikonfirmasi ke RS Mitra Kelapa Gading..021-4582666
    beda kelas mungkin memang ada yg beda...tp saya memang tidak tanya bedanya dimana..dlm 1 tarif td memang sudah mencakup tindakan operasi dan kamar operasi..jd bisa dibilang sebenarnya sama saja..biaya kamar operasi bs jd varibel tidak tetap dan berbeda tiap kelas..dan tindakan operasi nya variabel tetap..dlm semua tarif biayanya sama..Tp di RS Mitra digolongkan ke kelas2 agar pasien hanya tinggal memilih, itu kebijakan dari RS itu sendiri mau buat pentarifan semacam apa
    thx

    BalasHapus
  5. Kak.. saya mau tanya proses pemulihan nya brp lama ya?
    Setelah pulang dr rumah sakit apakah ud bs beraktivitas seperti biasa?
    Karna, saya juga punya sakit yg sama tp saya bingung mau dioperasinya kapan. Karna 2 minggu lagi saya mau pergi Bali. Saya takut kalo ud operasi takut nyusahin org disana.
    Makasih ya :)

    BalasHapus