Haiii bloggers

Terima kasih telah mengunjungi web saya... Selamat datang..Have a Nice Day... ^^

Kamis, 14 Mei 2015

Hal-hal yang harus dihindari saat Anda Hamil

Banyak sekali pantangan yg harus dipatuhi oleh BuMil ( Ibu Hamil ). Tentu saja ini semua demi kebaikan Janin yg ada di dalam kandungan dan juga untuk kesehatan Ibu Hamil itu sendiri..Saya coba rangkum jadi 1 artikel, semoga saja informasi ini bisa bermanfaat terutama untuk para calon Ibu muda yang hamil untuk pertama kalinya..

Berikut ini adalah pantangannya, yaitu :
1. Dilarang pakai kosmetik
Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan Janin..mungkin ada zat dalam kosmetik yang bisa membahayakan janin. Jadi untuk amannya sebaiknya selama hamil penggunaan kosmetik2 sebaiknya dikurangi. Contoh : Lotion, Sunblock

2. Dilarang pakai balsam
Ada yang bilang saat hamil jangan pakai balsam di perut, takut dedenya kepanasan..beberapa informasi menyebutkan bahwa memakai minyak kayu putih masih diperbolehkan.

3. Dilarang menghirup asap2  kendaraan, bau cat, bahan bakar
Ya paparan dari asap2 kendaraan, bau cat, bau bahan bakar dikhawatirkan membahayakan janin.
4. Dilarang berendam air panas maupun air belerang.
Dengan berendam air panas, takutnya janin akan mengalami hiperthermia/suhu tubuh meningkat dan bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Terlebih lagi berendam dalam air belerang hangat, katanya bisa meracuni janin. Jadi sebaiknya dihindari. 
 5. Dilarang makan permen karet seperti xylitol, happydent white
Pada permen karet seperti xylitol, happydent white sudah tertulis bahwa dilarang dikonsumsi oleh wanita hamil.
 6. Dilarang makan makanan dan minum minuman yang mengandung pengawet, pemanis buatan, pewarna
Apapun makanan yang dikonsumsi oleh Ibu hamil akan diterima janin juga. Jadi sebaiknya hindari makan makanan dan minum minuman yang mengandung pengawet, pemanis buatan, pewarna. Contoh : makanan kalengan, makanan instan.
7. Hindari makanan mentah maupun ½ matang
Makanan mentah maupun 1/2 matang dikhawatirkan mengandung virus atau bakteri yang akan berbahaya untuk janin. Contoh : sate

8. Dilarang makan nanas, duren
Beberapa sumber informasi menyebutkan bahwa buah nanas dapat menyebabkan keguguran. Sedangkan duren dapat menyebabkan kontraksi. Kontraksi pada rahim yang terjadi terlalu sering membahayakan karena dapat mendorong bayi lahir prematur

9. Dilarang minum minuman bersoda, contoh : coca-cola
10. Dilarang merokok aktif maupun pasif
Kita sendiri tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Terlebih lagi bagi ibu hamil karena zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat melewati plasenta dan mempengaruhi pertumbuhan janin.
11. Dilarang minum alkohol
Sama dengan merokok, minum alkohol ataupun minuman keras juga tak baik untuk kesehatan ibu dan janin.
12. Dilarang minum herbal sembarangan
zat pada herbal sangat beraneka-ragam, jadi mengkonsumsi herbal sembarangan juga tidak disarankan. tapi sejauh ini yang saya tahu kalau minum air lemon ataupun jahe masih boleh.
13. Dilarang minum kopi dan teh berlebihan
kandungan kafein pada kopi dapat menembus plasenta dan menyebabkan bayi ikut merasakan efek dari kafein seperti susah tidur dll. Teh juga punya kandungan kafein tapi dengan kadar lebih rendah, bumil masih boleh minum teh asalkan jangan berlebihan.
14. Dilarang memasukkan sperma ke dalam vagina saat hubungan intim
Pada sperma terdapat zat bernama prostaglandin yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Kontraksi pada rahim yang terjadi terlalu sering membahayakan karena dapat mendorong bayi lahir prematur. Selain itu, saat melakukan hubungan suami istri sebaiknya jangan sampai ada guncangan keras.
15. Dilarang kena guncangan saat naik motor atau mobil
Saat naik motor atau mobil, sebaiknya hindari guncangan yang terlalu keras karena bisa mengganggu janin di dalam kandungan.
16. Dilarang melakukan olah-raga keras
Olah raga keras tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil karena guncangannya tidak baik untuk janin. Selain itu biasanya ibu hamil menjadi lebih cepat lelah, sebaiknya melakukan olah raga ringan saja. Contoh olah raga ringan : jalan kaki, berenang.
17. Dilarang rontgen
Radiasi sinar rontgen berbahaya bagi janin di dalam kandungan.
18. Hindari stres
Dalam melakukan aktivitas sehari-hari mungkin kita akan merasakan stres. Namun sebisa mungkin kita tidak berlarut-larut dalam stres karena emosi negatif yang tercipta juga akan dirasakan oleh janin.
19. Dilarang pakai baju ketat
Saat hamil anda akan merasakan "ngap" dan agak sesak. Untuk menghindari ini sebaiknya pakai pakaian longgar saja. Saat hamil, payudara akan membesar karena sedang mempersiapkan ASI untuk bayi yg akan dilahirkan jadi gunakan BH dan celana dalam juga yang khusus ibu hamil.
20. Dilarang jalan terlalu cepat
Jalan terlalu cepat dikhawatirkan menyebabkan ibu hamil terpeleset. Saat perut ibu hamil makin membesar secara tidak langsung keseimbangan tubuh agak berubah. Saat terpeleset lebih sulit untuk ibu hamil menyeimbangkan tubuh sehingga apabila benar-benar jatuh dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran.
21. Jangan terlalu banyak berdiri
Dengan beban tubuh meningkat tentu saja otot paha dan betis menjadi bekerja lebih keras. Ibu hamil yang berdiri terlalu lama saja bisa menyebabkan kelelahan.


22. Hindari obat-obatan
Apabila ibu hamil diharuskan minum obat sebaiknya minta ke dokter agar dipilihkan obat-obatan yg aman untuk Ibu Hamil.

23. Dilarang pakai sepatu hak tinggi
Karena ada banyak pergeseran di organ bagian dalam dan tulang yang menyebabkan sendi paha sakit, hal ini diperparah dengan memakai sepatu hak tinggi.

24. Dilarang minum air kelapa muda saat kehamilan muda
Saat usia kehamilan muda, sebaiknya hindari minum air kelapa muda karena dapat menyebabkan kontraksi dan bahkan keguguran. Namun sebaliknya saat usia kehamilan memasuki 7 bulan, konsumsi air kelapa muda teratur sangat baik untuk membersihkan air ketuban.

25. Dilarang makan makanan terlalu pedas
Katanya sih kalau makan makanan pedas, dede bayi ( debay ) bakal merasakan pedas juga.

26. Hindari panas dalam
Panas dalam pada ibu hamil juga tidak baik untuk janin. Karena panas dalam tubuh meningkat dan sedangkan dede bayi ada di dalam tubuh ibu maka takutnya bisa mempengaruhi kondisi janin. Untuk mengurangi panas dalam, sebaiknya konsumsi cincau.

27. Hindari kurang minum
Terutama pada kehamilan muda, ibu hamil jangan sampai kurang minum karena air minum yang dikonsumsi ibu menjadi awal pembentuk air ketuban dalam rahim.

28. Hati-hati jika mengalami infeksi saluran kemih, sakit gigi maupun keputihan
Sebaiknya jaga kondisi badan. Untuk menghindari infeksi saluran kemih maka jangan sampai ibu hamil menahan kencing. 3 kondisi diatas yaitu infeksi saluran kemih, sakit gigi maupun keputihan dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.

Demikian informasi yang saya kumpulkan dan saya sendiri ikuti selama proses kehamilan saya. Sejauh ini, kondisi saya dan janin dalam keadaan sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

1 komentar: