Haiii bloggers

Terima kasih telah mengunjungi web saya... Selamat datang..Have a Nice Day... ^^

Senin, 06 Mei 2013

Pelurusan Konflik Rohingya di Myanmar


Selama ini banyak beredar isu2 yg tidak benar..menyudutkan 1 pihak dan menjadikan 1 pihak selalu menjadi korban..Dalam konflik seperti ini rasanya lucu kalau sibuk membahas korban dari pihak mana yg lebih banyak2an..bukan itu kan yg penting?? tidak penting korban dari pihak mana yg lebih banyak..lebih baik lg agar tiap pihak dpt menemukan jalan penyelesaian konflik agar tidak memakan korban lagi..

Saya telah menemui banyak post yg seperti foto di bawah..banyak foto dari berita lain yg diadopsi lalu diberikan cerita bumbu2...membuat kondisi makin panas..banyak jg orang yg tidak kritis dan hanya membaca tanpa mentelaah..hanya percaya saja pada posting yg belum tentu benar..

Berikut ini di bawah, ada pelurusan pemberitaan konflik rohingya di Myanmar..disertai dengan web asli dari foto, diharapkan setelah membaca blog ini, para pembaca lebih terbuka pikiran nya..pemberitaan di internet cukup banyak maka kita harus selektif memilih berita yg benar..



Pelurusan photo dan berita tentang Rohingya. Penting!
Luangkan waktu untuk membaca. 

Konflik etnis Rohingya semakin meruncing ke konflik agama. Berita-berita yang disebar semakin mengintimidasi kalangan Buddhis. Konflik berawal dari 3 orang pria etnis Rohingya yang memperkosa seorang gadis Buddhis Rakhinge. Kemarahan warga pun memicu terjadinya bentrokan antara kedua etnis. 

Berita2 di dunia maya, bahkan di unjuk rasa di Indonesia sendiri menggunakan gambar2 yang dimanipulasi sehingga berakibat terjadinya intimidasi terhadap kalangan Buddhis di beberapa daerah.

Berikut adalah pelurusan gambar2 yang digunakan oleh beberapa kalangan untuk memecah belah kerukunan beragama.

Pelurusan gbr dgn bukti2nya:

Gambar 1). ditulis bahwa mayat-mayat tersebut adalah Muslim Rohingya yg dibantai Biksu Buddha. Faktanya adalah umat Buddha (warga Tibet) tengah mengevakuasi korban gempa besar di Kyigudo provensi Yulshul, Tibet pd 14 April 2010. (http://www.tibetancommunity.be/news/chinaquake.html)

Gambar 2). ditulis bahwa ada pembunuhan masal terhadap Muslim Rohingya oleh Biksu Buddha. Lebih dari 1000 terbunuh. Faktanya adalah foto tsb bukan mayat, melainkan foto para demonstran Muslim yg ditangkap dan sedang disuruh tiarap oleh tentara ketika terjadi kerusuhan Pattani di negara Thailand pada Oktober 2004. (http://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/asia/thailand/1475199/80-Thai-Muslims-suffocate-after-arrest-at-protest.html)

Gambar 3). ditulis bahwa seorang Muslim telah dibakar di Burma, dan beberapa wartawan terlihat mengambil gambar bukannya menyelamatkannya. Faktanya adalah seorang aktivis Tibet (bernama Jamphel Yesh) melakukan aksi demonstrasi saat kedatangan Presiden China ke India. Aktivis tersebut adalah imigran yang mencari suaka ke India dan melakukan aksi bakar diri ketika mengetahui Presisden China (saat itu yang menjabat adalah Hu Jintao) akan datang berkunjung. (http://www.ibtimes.com/articles/320319/20120327/tibetan-activist-fire-protest-chinese-president-photos.htm)

Gambar 4). ditulis bahwa lebih dari 20.000 Muslim telah disiksa di bunuh secara brutal oleh Biksu Buddha sebagai pemilik provensi Rakhine Burma. Dalam insiden tsb 29jiwa tewas dan dibuang begitu saja. Faktanya adalah foto tersebut memperlihatkan seorang pria melemparkan mayat korban gempa dari sebuah ruangan Rumah Sakit di Port Au Prince, Haiti 15January 2010. mayat-mayat tsb adalah korban gempa besar di Haiti pada 12 Januari 2010. foto tsb dibuat oleh Olivier Laban-Mattei, France dari ktr berita Perancis dan memenangkan penghargaan foto terbaik World Press Photo. (http://www.boston.com/bigpicture/2011/02/world_press_photo_winners.html)

Semoga dapat meluruskan perihal yang terjadi selama ini. 


2 komentar: