Haiii bloggers

Terima kasih telah mengunjungi web saya... Selamat datang..Have a Nice Day... ^^

Jumat, 18 April 2014

Pasif Income Karma Baik

Saya pernah mendengar sebuah ceramah menarik mengenai " bagaimana mekanisme berbagi dengan sesama / berdana bisa menjadi perlindungan bagi diri kita sendiri?" yg menjadi menarik adalah selama ini orang percaya memang dengan berbuat kebaikan pasti akan mendatangkan kebaikan namun tidak banyak org membahas mekanisme nya bagaimana hal itu bisa terjadi?

saya beragama Buddha sehingga akan membahas dan mengemukakan pendapat dari pandangan umat Buddha..kami umat Buddha mempercayai adanya karma, namun karma yg terjadi tidaklah selalu karma buruk, saya lihat di kalangan banyak orang sebenarnya percaya konsep karma ini ada tp mereka semua salah kaprah..karma selalu dikaitkan dengan hal2 buruk akan terjadi pada org yg jahat pada dirinya..lihat saja di status2 di social media dll, banyak yg nyebut2 karma apalagi bila menyangkut org yg menyakiti hatinya..mungkin 1/2 nyumpahin juga.. Hehe
karma bukanlah seperti itu..ada 2 jenis karma yaitu karma buruk dan karma baik..jadi selama ini yg org awam tahu hanyalah 1 jenis karma yaitu karma buruk..Hal ini karena org lebih ingat kepada hal buruk yg org lakukan pada dirinya sedangkan semua hal baik yg org lain lakukan pada dirinya tidak diingat..
alangkah indahnya jika setiap kita membantu org ada pernyataan " terima kasih dah kasih bantuan, semoga karma baik ini menjadi pelindungmu" :)

saya akan kasih contoh simulasi :
misal anda ada uang Rp 1.000.000
anda berdana sebesar Rp 10.000 utk beli nasi bungkus kasih makan org melarat
maka sisa uang yg ada di anda adalah Rp 990.000, jumlah Rp 990.000 ini jumlah yg nyata ada di tangan anda kan..apakah anda takut uang ini hilang? sebagian besar akan jawab "Iya"
Bisakah kamu menjadi cemas karena takut uang Rp 990.000 ini hilang? " Iya jelas saja cari uang kan tidak mudah "

pertanyaannya apakah yg anda berdana kan jumlah nya utuh Rp 10.000 uang itu hilang juga? jawaban " Iya " ya jelas lah kan uangnya bukan ada di kita lagi
Tapi sebenarnya tidak seperti itu, saat kita berdana misal Rp 10.000, uang Rp10.000 itu tidaklah hilang..seperti Hukum Kekekalan Energi..Energi itu kekal dan tidak bisa dimusnahkan, hanya bisa berubah bentuk..uang sejumlah Rp 10.000 yg sudah didanakan tersebut tidaklah hilang melainkan hanya berubah bentuk menjadi karma baik yg akan terus mengikuti kita kemanapun kita pergi..dan karma baik itulah perlindungan kita..bisa saja berbuah dan menyebabkan kita mendapatkan rejeki lebih atau bahkan menjauhkan kita dari bencana..

saat karma baik dari Rp 10.000 ini berbuah apakah akan sama persis jumlahnya yaitu Rp 10.000?? jawabannya adalah tidak selalu..apalagi bila kita berdana menggunakan Rp 10.000 utk kasih makan org melarat..mungkin saja saat itu kalau tidak makan, org itu mati..namun karena kita kasih makan dengan belikan makanan nominal Rp 10.000 kita menyelamatkan nyawanya..
dan bisa jadi suatu saat, saat nyawa kita terancam dan kita selamat bisa disebabkan karma baik dari Rp 10.000, padahal nyawa itu tidak ada nilainya jika diukur dengan uang sekalipun..

ini adalah penuturan seorang Romo dari lampung saat saya pergi ibadah ke Vihara Ekayana Graha..dan saya tambahkan sedikit..

Zaman sekarang sedang trend istilah pasif income maksudnya adalah tanpa bekerja, kita tetap bisa menikmati penghasilan..dengan ini saya jadi tertarik membahas apakah ada konsep Pasif Income di karma Baik??
menurut pendapat pribadi, Bisa jadi ada yg namanya Pasif Income Karma Baik...
berikut contohnya :
kita membuat suatu rangkuman pelajaran sekolah yg kita gunakan utk belajar saat masih sekolah, kemudian kita wariskan kepada adik kelas..kemudian adik kelas wariskan lagi ke adik kelasnya lagi..
ini yg namanya pasif income karma baik...kita membuat rangkuman itu hanya 1 x tp diperbanyak berkali2 dan digunakan banyak org dari generasi ke generasi..menyebabkan banyak org lulus ujian, orang tuanya senang...
bayangkan seberapa byk karma baik yg km dapatkan hanya dengan membuat 1 rangkuman itu??

Contoh lain misalnya dengan saya menulis blog ini membuat banyak orang termotivasi maka ini juga merupakan pasif income karma baik. Padahal saya tulis blog ini cuma sekali tapi manfaatnya dapat dirasakan banyak orang yang bahkan saya tidak kenal, kapan pun bisa diakses..Artinya dengan internet pun kesempatan kita berbuat baik juga terbuka luas..Makanya saya suka banget tulis blog karena ini adalah tabungan karma baik ku..

ini sih pendapat pribadi saya sendiri..saya hanya berpendapat saja..semoga membuka wawasan dan membuat kita tidak ragu lagi berbuat baik kepada sesama..Sadhu3x

2 komentar:

  1. Makasih banyak atas arahan anda.saya semakin bersemangat hidup :)

    Email : andy.gono@yahoo.com

    BalasHapus
  2. ya sama2..saya juga senang kalau tulisan saya bermanfaat..

    BalasHapus