Haiii bloggers

Terima kasih telah mengunjungi web saya... Selamat datang..Have a Nice Day... ^^

Selasa, 07 Januari 2014

Mata lelah bisa berbahaya

Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi gue ..Sebelumnya gue pernah dpt info dari sepupu gue bahwa dia skrg ga kerja kantoran lagi karena ga tahan mata lelah di depan komputer mulu..ak sempat berpikir apa memang bisa begitu?? terus terang saat ini sudah hampir 2 tahun ini kerja di salah satu perusahaan swasta sebagai pekerja kantoran dan tidak merasakan ada yg aneh dengan mata gue..jadi pas denger dari sepupu gue ttg mata lelah..rasanya itu tidak terjadi pada gue..
Gue sendiri sejak bekerja sebenarnya ada beberapa perubahan seperti tidur lebih cepat..rasanya saat sampai rumah sudah lelah dan ingin cepat tidur..tp hal itu terus berlanjut hingga tidak disadari sama sekali..

tepat 2 tahun bekerja kantoran, saya mulai menyadari bahwa yg sepupu gue bilang itu benar..
belakangan ini mata ku benar2 terasa tegang sekali..otot2nya kaku, belum lagi sinar dari monitor yg msk ke mata begitu tinggi intensitasnya..kebetulan saya pakai kacamata terus hampir setiap menit..hanya pas tidur saja tidak pakai kacamata..dengan kondisi saat ini, jadi kalau kondisi mata sudah tidak enak, kaca mata lnsg saya lepas..dan terasa agak legaan..

Saya baru menyadari bahwa kelelahan tiap pulang kantor itu bukan badan yg lelah..melainkan mata yg lelah..mata ingin istirahat..ingin merem..mata merem ya akhirnya jadi tidur,,,pernah saya rasakan badan seger2 aja tp tetap aja mata sepet banget..akhirnya karena mata sepet sekali, saya tdr jg..hal ini sangat mengganggu karena saya tidak punya waktu utk mengerjakan hal2 yg ingin ak kerjakan di rmh..

Gejala mata sepet ini sebenarnya sudah saya rasakan berkali2 jauh sebelum kondisi ini terjadi namun saat itu tidak menyangka akan jadi begini..Mungkin awalnya mata masih bisa toleran..namun pada akhirnya dlm kondisi yg ekstrim, mata sudah parah dan akhirnya seperti yg terjadi pada gue, pakai kaca mata agak lama saja sudah terasa tidak enak..

Jadi kesimpulan ku adalah mata juga bisa lelah..terkadang luput dari perhatian kita karena mata organ yg begitu kecil..

Dari pengalaman itu akhirnya ak cari2 blog tentang mata lelah dan mendapatkan tips2 bagus utk diterapkan..dan memang cukup efektif..sejak saat itu, ak mengurangi brightness di monitor di kantor dan laptop di rumah..saya juga melepas kaca mata saat tidak perlu..misal saat makan,dll..jika mata mulai tegang dan kaku, saya mulai memijat perlahan mata..jgn lupa jg bahwa tubuh kita jg ada respon relax mata secara alami yaitu dengan berkedip..Selain itu mencuci mata dengan air dingin jg dpt membuat mata lebih segar..

dulu byk org bilang "mata ga boleh kucek"..akhirnya saya jadi ga berani pegang mata apalagi pijat..tp ak rasa ada penting kita menyentuh mata dan memberikan pijatan ringan agar mata bs relax..dan akhirnya setelah melakukan tips2 tersebut..kondisi membaik..saat pulang, mata masih segar..dan bs beraktivitas kembali..
Bagi yg punya keluhan yg sama, bisa dicoba tips yg saya coba ini..semoga bs membantu..!

1 komentar: