Haiii bloggers

Terima kasih telah mengunjungi web saya... Selamat datang..Have a Nice Day... ^^

Kamis, 08 Agustus 2013

Tes pasca vaksin hepatitis B

Pada blog sebelumnya gue sudah cerita tentang vaksinasi hepatitis B yg sudah gue jalankan..tepat bulan Juli 2013 suntikan tahap 3 nya selesai..disarankan oleh dokter apabila mau melihat hasil vaksin ini bs melakukan tes anti HBS (ELISA)...
Tes ini biasa jg disebut tes titter hepatitis B..ada 2 jenis tes yaitu anti HBS ( tes ini hanya utk tes kualitatif, hasilnya hanya positif dan negatif saja ), sedangkan anti HBS ( ELISA ), tes ini bersifat kuantitatif dan menghitung jumlah antibodi yg sudah diproduksi tubuh pasca vaksin hepatitis B.
Biaya tes memang beda, tes Anti HBS relatif murah, sebelum vaksin saya melakukan tes Anti HBS di RS Tzu chi cengkareng biaya hanya Rp 50.000
sedangkan utk tes Anti HBS ( ELISA ) bs dikenakan biaya Rp 120.000 di RS yg sama..


Berikut hasil tesnya...dpt dikatakan hasil tes kuantitatif lebih lengkap karena sudah mencakup kualitatif juga..Hasil 83,8 ( positif ) artinya antibodi hepatitis B di tubuh saya positif dan nilainya 83,8
inilah keuntungan tes dengan kuantitatif, kita dpt mengetahui keduanya..apabila tadi saya hanya tes Anti HBS maka hasil yg diperoleh hanya " positif "

Lalu lihat di nilai normal :
Non reactive < 10
Reactive > 10

Nilai saya 83,8 adalah > 10 maka disebut reactive alias positif,,nilai negatif didapat bila hasil tes < 10
Nilai 83,8 saya merupakan angka tak pasti, seiring dengan kekebalan tubuh  maka angka tersebut bs turun...jd disarankan 5 tahun ke depan melakukan tes anti HBS ELISA lagi utk tes kira2 nilainya sudah berkurang menjadi berapa..selama masih di atas 10 masih OK..
disarankan apabila sudah di level 15 utk melakukan vaksinasi lagi agar bs naik lg jd 80 an..

Namun berdasarkan pengalaman beberapa orang, ada yg pernah vaksinasi sudah lama sekali namun setelah beberapa lama melakukan tes titer nilainya hanya berkurang sedikit..ini pertanda baik karena kekebalan tubuh kita sangat baik..
Jadi rencana saya berikutnya pada tahun 2018 akan melakukan tes titer lagi,, :)

3 komentar:

  1. kalau di bawah 10 non reactive berarti harus vaksin lagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus vaksin lagi bu , kalo bisa >500 lebih bagus lagi >1000

      Hapus
  2. Untuk hasil 83,8 reaktive itu bagaimana interpretasi hasilnya ya kak?

    BalasHapus