Haiii bloggers

Terima kasih telah mengunjungi web saya... Selamat datang..Have a Nice Day... ^^

Sabtu, 05 Januari 2013

Diagnosa dan vaksinasi hepatitis

Hepatitis B adalah penyakit yg disebabkan oleh virus, apabila tidak tertangani dengan baik maka akan berkembang menjadi penyakit kronis..seperti sirosis hati (pengerasan hati ) bahkan juga kanker hati.

Sebelum ak  nulis blog ini, saya sudah mendengar byk kasus sirosis terjadi di sekitar...dulu ayah nya teman saya ad yg meninggal karena sirosis hati..bahkan ibu dr pacar saya jg menderita sirosis hati..jadi rasanya hal itu menbuat saya menjadi mengetahui lebih dalam tentang penyakit ini..

Sirosis hati bs dicegah asalkan pada saat penderita terinfeksi Hepatitis B dan menyadarinya dengan cepat dan tentu saja melakukan penanganan yg baik agar tidak berkembang menjadi sirosis hati..

Diagnosis yg dapat dilakukan adalah dengan cek darah...Saya sendiri jg melakukan cek darah utk mengetahui apakah saya telah terinfeksi di Rumah Sakit Tzu chi di daerah Cengkareng..

Jenis pemeriksaan yg dilakukan adalah Serologi ( HBsAg dan Anti HBsAG )..

HBsAg = virus hepatitis B
Anti HBsAg = antibodi yg menangkal hepatitis B

dari hasil ini terlihat bahwa HBsAg negatif dan Anti HBsAG juga negatif..Artinya saya blm terinfeksi virus ini dan juga belum memiliki antibodi utk menangkal virus ini...Utk itu dokter menyarankan melakukan vaksinasi hepatitis B..vaksinasi hepatitis B hanya dapat dilakukan pada orang yg belum terinfeksi, sedangkan pada individu yg telah terinfeksi sudah tidak bs divaksinasi..

Apabila HBsAg negatif dan Anti HBsAg positif itu artinya individu ini pernah terpapar virus hepatitis B namun dengan sistem imunitas tubuh alami membentuk antibodi utk melawan virus ini...sehingga individu ini sudah aman dan tidak memerlukan vaksinasi lagi..

Apabila HBsAg positif dan Anti HBsAg negatif itu artinya individu ini sudah terjangkiti hepatitis B..dan sebaiknya melakukan tindakan pencegahan berkembangnya penyakit..

Kemudian saya memutuskan utk melakukan Vaksinasi hepatitis B di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading...Utk melakukan vaksinasi cukup datang ke dokter umum saja...biaya yg dikeluarkan juga tidak terlalu mahal..total biaya termasuk jasa dokter dan biaya vaksin nya hanya sekitar Rp 240.000,-

Ini dia vaksin  yg diberikan brand nya adalah Engerix B...saya tanyakan ke dokter nya vaksinasi harus diulang tiap 5 tahun 1 x..

Vaksinasi dilakukan di lengan bagian atas..



 

biaya nya terdiri biaya dokter dan biaya vaksin itu sendiri, dari foto Bon di atas terlihat perincian nya..

Vaksinasi ini dilakukan 3 tahap yaitu 0, 1, 6 bulan..maka bulan depan dan 6 bulan ke depan saya harus melakukan vaksinasi lagi..

Setelah divaksinasi, dokter memberikan kartu jdwl vaksinasi utk 2 tahap lagi..dan dokter jg mengatakan kalau bs jgn sampai telat dr jdwl yg diberikan...setelat2nya 2 hari maksimal dr tgl yg ditetapkan...

Demikian pengalaman saya melakukan vaksinasi hepatitis B..Pencegahan tentu lebih baik daripada mengobati...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar